Imunisasi: Hak Anak untuk Sehat Cegah PTM dengan Rutin Cek Kesehatan Imunisasi Measles Rubella Lindungi Anak Kita Ini Rencana Pelaksanaan 3 Vaksinasi Baru untuk Lengkapi Imunisasi Dasar Kemenkes, KPK, BPJS Bentuk Tim Bersama untuk Cegah Kecurangan dalam JKN Peran Lintas Sektor Dalam Memaksimalkan Akreditasi Puskesmas 3 Contoh Inovasi Kegiatan Dalam Upaya Kesehatan Masyarakat Cara Strategis Identifikasi Kebutuhan Dan Harapan Masyarakat Perbaiki Gizi Bumil, Balita dan Anak dengan PMT 120 PTT Kesehatan Tulang Bawang Terima SK CPNSD
Gambar Tidak DitemukanGambar Tidak DitemukanGambar Tidak DitemukanGambar Tidak Ditemukan

Jadwal UKP

  • Klinik Umum
    Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at
    07:30 - 15:00
  • Klinik Penyakit Tidak Menular ( PTM )
    Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at
    07:30 - 15:00
  • Klinik Gigi
    Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at
    07:30 - 15:00
  • Klinik Keluarga Berencana ( KB )
    Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at
    07.30 s/d 15.00
  • Klinik Konsultasi Gizi
    Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at
    07:30 - 15:00
  • Klinik TB dan Kusta
    Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at
    07:30 - 15:00
  • Klinik Practical Approach To Lung Health (PAL )
    Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at
    07:30 - 15:00
  • Pemeriksaan Laboratorium
    Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at, Sabtu, Minggu
    07:30 - 21:00
  • Pemeriksaan EKG
    Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at
    07:30 - 15:00
  • USG Kehamilan
    Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at
    07.00 - 18.00
  • Klinik Sanitasi
    Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at
    07.30 s/d 16.00
  • Klinik TB
    Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at
    07.30 s/d 16.00
  • POLI RUJUKAN
    Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at
    07.30 s/d 14.00
  • UGD 24 Jam
    Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at, Sabtu, Minggu
    24 Jam

Jadwal UKM

  • Senam Lansia Tiap Hari Selasa
  • Senam Hamil Tiap hari Selasa
Diposting oleh : Administrator | 04 April 2017 | Kategori: Akriditasi | 9438


 1. Tahapan Persiapan akreditasi puskesmas : Lokakarya

Ini adalah tahapan paling awal yang dilakukan oleh tim pendamping akreditasi puskesmas. Dalam tahapan lokakarya yang di bahas dan di diskusikan adalah

  1. Gambaran umum tentang akreditasi puskesmas.
  2. Manfaat yang di dapat puskesmas.
  3. Apa saja peran puskesmas dan stakeholder lainnya.
  4. Pemahaman tentang kebijakan akreditasi puskesmas.
  5. Kerangka konsep akrediatasi.
  6. Membangun komitmen pimpinan dan seluruh staf puskesmas.
  7. Pembentukan panitia dan pokja yang akan membantu akreditasi puskesmas ( pokja ADMEN, pokja UKM, pokja UKP serta tim auditor ).
  8. Penandatanganan kesepakatan bersama sebagai bentuk komitmen bersama. Seluruh peserta yang hadir menandatangani lembar kesepahaman tanpa terkecuali.

Lama pelaksanaan lokakarya ini adalah 1 ( satu ) hari. Yang di undang dalam kegiatan ini adalah lintas sektor, Camat, Lurah, Kepala desa, LSM, BPD, organisasi masyarakat, seluruh staf puskesmas serta tokoh masyarakat.

Di dalam pertemuan lokakarya ini hendaknya di tindaklanjuti dengan pemilihan anggota tim Mutu akreditasi Puskesmas. Langsung menyusun struktur organisasi tim mutu. Baik itu pemilihan ketua tim mutu beserta perangkatnya. Pemilihan ketua pokja dan penanggung jawab masing masing bab ( terdiri dari 9 bab ) serta tim auditor.

Selanjutnya ditentukan dan di sepakati  jadwal kegiatan selanjutnya.

 

2. Tahapan Persiapan akreditasi puskesmas : Workshop

Definisi workshop ini adalah tim pendamping akreditasi puskesmas memandu dalam memahami standar dan instrumen penilaian. Di dalam elemen penilaian terdapat 42 standar, 168 kriteria dan 776 elemen penilaian ( EP ). Tetapi tentunya tidak semuanya di bahas di dalam workshop ini tetapi tim pendamping cukup membahas beberapa EP lalu memberikan teknik dan trik dalam menyelesaikan setiap EP yang ada.

Peserta : seluruh staf puskeskas terlebih lagi tim yang sudah di bentuk pada saat lokakarya.

Waktu pelaksanaan : 2 hari. Disampaikan juga materi tentang tatalaksana Self Assesment, audit internal dan pasien safety dan K3.

Tindaklanjut :

  1. Pembagian tim untuk Self Assesment. Tim untuk pelaksanaan elf assesment ini berlaku silang. Misalnya tim UKM melakukan assesment ke timUKP begitu juga sebaliknya. Tidak boleh timnya sendiri melakukannya untuk timnya sendiri ( baca pada teknis Self Assesment ).
  2. Persiapan Self Assesment. Persiapan tekhnis Self Assesment.
  3. Tim masing-masing pokja di berikan tugas ( pada hari pertama ). Tugas nya berupa menyelesaikan EP yang ada dengan membuat tabel apa yang dikerjakan dan dokumen apa yang harus disiapkan.

 

3. Tahapan Persiapan akreditasi puskesmas : Self Asessment

Pengertian self asessment adalah menilai diri sendiri. Dalam hal ini puskesmas menilai dirinya sendiri berdasarkan elemen penilaian yang ada. Setiap elemen penilaian diberikan skor sesuai dengan kondisi yang ada. Teknisnya adalah setiap pokja tidak boleh menilai dirinya sendiri. Harus cross. Misal, pokja UKM menilai pokja UKP atau sebaliknya.

Berikut ini beberapa fungsi atau manfaat dilakukannya Self Assesment di puskesmas akreditasi adalah

  1. Menganalisis kondisi awal Puskesmas. Melihat kondisi atau memotret kondisi awal puskesmas berdasarkan instrumen akreditasi. Berapa skor real yang di dapat puskesmas. Kuncinya adalah berikan nilai serendah rendahnya agar mendapat rekomendasi dan perbaikan.
  2. Menemukan fakta-fakta & rekomendasi untuk perbaikan terkait kelengkapan persyaratan akreditasi. Setelah menemukan fakta yang ada seyogya nya diberikan rekomendasi perbaikan atau kelengkapan dalam setiap elemen penilaian yang bernilai 0 ( nol ) dan 5 ( lima ).
  3. Setelah mendapat rekomendasi perbaikan hendaknya di lakukan pembahasan setiap pokja yang ada dipimpin oleh ketua tim mutu.
  4. Kemudian mapping dokumen yang belum ada atau yang belum tersedia agar dilengkapi.
  5. Penyusunan rencana aksi Misalnya ada rapat per pokja atau rapat internal tim mutu.

 

4. Tahapan Persiapan akreditasi puskesmas : Penyusunan Dokumen

Sampai pada tahapan penyusunan dokumen ini. Tim pendamping akreditasi dapat menyampaikan panduan atau cara dalam pembuatan Surat Keputusan ( SK ), standar operasional prosedur ( SOP ),   kerangka acuan kerja  ( KAK ), pedoman dan dokumen manual mutu puskesmas. Tim pendamping dapat memberikan contoh dokumen yang sudah ada.

Dalam tahapan ini pula hendaknya di identifikasi dokumen yang di butuhkan dalam menyelesaikan setiap elemen penilaian, penyiapan tata naskah, sarana dan prasarana, penyiapan dokumen internal dan external, penataan dokumen lalu di tindaklanjuti dengan pengendalian dokumen dan perbaikan sistem yang ada di puskesmas.

Akan ada banyak rapat pada tiap-tiap pokja dalam menyelesaikan penyusunan dokumen.

Saran saya : hendaknya setiap anggota tim mutu dapat membaca kembali setiap EP yang ada. Jadi bila ada dalam EP tersebut dapat di satukan. Maka hendaknya kegiatan penyiapan dokumennya di satukan saja guna menghemat waktu dan daya upaya puskesmas.

Beberapa dokumen diantaranya  perlu disiapkan selain dokumen yang diminta oleh setiap EP, sebagai berikut :

  1. Dokumen internal, meliputi : kebijakan, manual mutu, rencana lima tahunan, perencanaan tingkat puskesmas ( PTP ) tahunan, pedoman atau panduan, kerangka acuan kerja program, standar operasional prosedur ( SOP ), rekam implementasi.
  2. Dokumen external, meliputi : peraturan perundangan dan pedoman-pedoman yang diberlakukan oleh kemenkes, dinkes prop/kab/kota dan organisasi profesi yang merupakan acuan bagi FKTP dalam menyelenggarakan administrasi manajemen.

 

5. Tahapan Persiapan akreditasi puskesmas : Implementasi

Tahapan yang ke 4 ( empat ) adalah implementasi. Ini merupakan tahapan pelaksanaan dalam setiap elemen penilaian yang ada. Tahapan menentukan untuk proses akreditasi puskesmas. Jadi yang terdapat dalam elemen penilaian wajib dilakukan atau dikerjakan. Sembari melakukan kegiatan dalam elemen penilaian sekaligus penyiapan dokumen. Lama waktu pelaksanaan implementasi ini adalah 3 – 4 bulan.

Implementasi ini dilakukan sesuai dengan kebijakan, manual mutu, pedoman, kerangka acuan dan SOP yang sudah di rencanakan dalam setiap elemen penilaian yang ada.

Ringkasaannya dalam implementasi adalah  dilakukan sosialisasi standar sesuai dengan elemen penilaian di tiap pokja, pelaksanaan kegiatan sesuai standar, berjalannya monitoring proses dan evaluasi.

Dan sebagai tindaklanjutnya dapat pula dilakukan rapat tinjauan manajemen ( RTM ), tindakan perbaikan dan pencegahan dan inovasi pelayanan.

 

 6.Tahapan Persiapan Akreditasi Puskesmas : Penilaian Pra – Survey

Kegiatan ini merupakan tahapan ke 6 ( enam ) dalam proses akreditasi puskesmas. Pada tahapan ini tim pendamping akreditasi melakukan penilaian terhadap kesiapan puskesmas untuk di usulkan dilakukan penilaian akreditasi. Disamping itu juga untuk mengetahui upaya – upaya perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan di puskesmas.

Setelah dilakukan penilaian ulang oleh tim pendamping akreditasi puskesmas, hasilnya dibahas dalam rapat dengan tim mutu puskesmas beserta kepala puskesmas. Kemudian di tentukan apakah sudah layak atau belum untuk di ajukan ke tahap survey akreditasi.



Obat Sesak Nafas Yang Aman Untuk Ibu Menyusui
Pada : 03 Juni 2017 - 10:57:33 WIB
Obat Infeksi Rahim
Pada : 03 Juni 2017 - 10:58:22 WIB

Hidup ini penuh tantangan.Jangan mengalah ketika di uji,terus lah berjuangan,dan kebahagiana akar segera kau raih.
Obat Tumor Kelenjar Ludah Yang Aman
Pada : 03 Juni 2017 - 11:00:18 WIB

Bagi para wanita,berjilbab merupakan suatu kaharusan dan kewajiaban.Maka tutup lah urat mu,dan hanya tampilkan kecantikan di depan suami saja.
Obat Herbal Benjolan Di Leher Ibu Menyusui
Pada : 03 Juni 2017 - 11:01:28 WIB

Orang tua merupakan orang yang harus selalu kita utamakan.Kasih sayang ibu tak kan pernah bisa kita bayar.
Cara Mengobati Kelenjar Liur Yang Paling Aman
Pada : 03 Juni 2017 - 11:10:48 WIB
Hormati setiap impian yang kamu miliki.Karna dari sanalah akan terbentuk semangat untuk mewujudkan impian menjad kenyataan
Nama
Website
Komentar
 
 
 
  • Kelas Maternal adalah sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil berbentuk tatap

  • Ambulan Puskesmas Gedung Karya Jitu memberikan fasilitas ambulan (beserta pengemudi) bagi transport

  • Farmasi Demi kenyamanan setiap pasien Gedung Karya Jitu, kami memberikan pelayanan penyediaan obat

  • Laboratorium melayani uji klinis yang diperlukan oleh pasien Puskesmas Gedung Karya Jitu sesuai rujukan

  • Instalasi Gawat Darurat - Penanganan awal yang baik memberikan harapan penyembuhan yang lebih besar

Hari Kerja
Datang
Pulang
Rawat Inap
Senin-Kamis
07:30
14:00
24 Jam
Jum'at
07:30
11:30
24 Jam
Sabtu
07:30
13:00
24 Jam
Agenda : 28 Oktober 2017 - 01 November 2017
Pengumpulan Data Foto
Agenda : 13 Agustus 2017 - 16 Agustus 2017
Koordinasi Kepala Puskesmas (Nusantara Sehat)
Agenda : 07 Juni 2017 - 07 Juni 2017
Rakor "Puskesmas" Gedung Karya Jitu Bulan Juni
Agenda : 15 Mei 2017 - 15 Mei 2017
Pertemuan Revisi MTBS/SDIDTK
Agenda : 15 Mei 2017 - 16 Mei 2017
Pertemuan Kohort Ibu & Anak
Agenda : 15 Mei 2017 - 18 Mei 2017
Pertemuan Pelatihan Keluarga Sehat (KS)

356167

Pengunjung hari ini 22
Total pengunjung 83867
Hits hari ini 58
Total Hits 356167